Pentingnya Publikasi Buku Ber ISBN

Publikasi Ilmiah bagi dosen, peneliti dan pakar adalah sangat penting karena berkaitan dengan prestise, kepakaran dan bentuk pengakuan terhadap sebuah keahlian ( kompentensi ). Namun disayangkan banyak karya ilmiah dosen, yang telah dipredikat megister, doktor, dan professor serta peneliti dan pakar yang baru sebatas buku diklat, hasil penelitian dan makalah belum di editorial dan di kemas untuk dapat dipublikasikan dalam bentuk buku berstandar Nasional.

Berkaitan dengan hal itu Larispa Indonesia meluncurkan produk Konsultasi Editorial Buku Ber ISBN.

Manfaat Publikasi Buku Ber ISBN

Sesuai dengan Keputusan Mendiknas No : 36/D/O/2001 tanggal 4 Mei 2001 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen, Bahwa untuk kegiatan melaksanakan penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan, maka si syaratkan harus memiliki ISBN. Demikian pula terhadap penilian Angka Kredit Jabatan Fungsional Peneliti untuk Unsur/Sub-Unsur Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang di terbitkan berupa buku.

  1. Kepangkatan , Buku ber ISBN sangat penting untuk menunjang angka kredit dengan kum 40 bagi dosen yang mengurus kepangkatan.
  2. NKI dan Akreditasi, bagi dosen yang mengajar di institusi pendidikan buku ber ISBN berguna sebagai HKI ( Hak Kekayaan Intelektual ) yang yang dapat menaikan grade akreditas pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN – PT )

Mengenal Buku Ber ISBN

Dalam buku ber ISBN struktur barisan angka – angka ISBN mempunyai susunan khusus, di dalam standar 13 digit atau ISBN-13 yang merupakan standar baru menggantikan standar ISBN-10 dan mulai berlaku efektif tanggal 1 januari 2001 mempunyai kapasitas kode yang lebih banyak.