Kampus Asing Pertama di Indonesia Resmi Dibuka, Lokasi di BSD City Tangerang

phpThumb_generated_thumbnailKampus asing pertama di Indonesia, Monash University Indonesia resmi beroperasi pada Senin 4 Oktober 2021.

Kampus yang berlokasi di Green Office Park 9, Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang itu pada perkuliahan awal difokuskan pada empat jurusan di program pascasarjana.

Empat jurusan tersebut yakni Sains Data (Data Science), Kebijakan Publik (Public Policy), Desain Perkotaan (Urban Design) dan Inovasi Bisnis (Business Innovation).

Rektor Monash University Indonesia Andrew MacIntyre dalam keterangan tertulisnya, Senin 4 Oktober 2021, menyatakan kehadiran fisik kampus Monash di Indonesia merupakan komitmen untuk Indonesia dan wilayah Asia secara umum.

“Visi bersama antara Monash University dan Pemerintah Indonesia adalah menciptakan berbagai pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia,” kata MacIntyre.

MacIntyre menyebutkan, Monash University Indonesia direncanakan mampu menerima 2.000 mahasiswa setiap tahunnya dan sudah mulai menerima aplikasi mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022.

“Monash University Indonesia menawarkan program kuliah bergelar Master dan PhD, bersamaan dengan berbagai program eksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu,” ungkapnya.

Sedangkan Chief Operation Officer (COO) Monash University Indonesia Tantia Dian Permata Indah mengatakan, reputasi Monash Universitas yang unggul diharapkan dapat memperkuat hubungan riset dan pendidikan antara Australia dan Asia. “Hari ini menjadi sangat penting bagi Monash University dan para mahasiswa yang kini memiliki akses terhadap pendidikan pascasarjana kelas dunia di kampus Indonesia,” kata Tantia.

“Selain itu seluruh ekosistem yang terdiri dari industri, akademisi, pemerintah, dan alumni akan bahu membahu untuk menciptakan dampak yang istimewa dalam proses pembangunan Indonesia,” jelas dia.

Menurut Tantia, sebagai kampus asing pertama yang beroperasi di Indonesia, Monash University Indonesia akan mendorong kolaborasi riset dan kemitraan dengan komunitas akademisi, menghadirkan program pengembangan profesional lanjutan untuk para mahasiswa pascasarjana dan menciptakan berbagai peluang kemitraan komersial untuk industri.

Peresmian Monash University ini juga disambut oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. “Saya senang melihat Monash University yang mulai beroperasi sebagai universitas asing pertama di Indonesia. Saya menantikan kontribusinya di bidang akademik serta lulusannya untuk memajukan bangsa,” ujar Nadiem.

Untuk diketahui, sebelum di Indonesia, Monash University sudah beroperasi di Malaysia sejak tahun 1998 dengan lebih dari 8.000 mahasiswa.

Sumber : Tangerangnews.com