Buku Ajar Termodinamika

Termodinamika atau thermodynamics adalah cabang ilmu fisika yang diterapkan pada permesinan yang menjelaskan prinsip-prinsip dasar dan cara kerja mesin di atas kapal. Prinsip-prinsip dasar termodinamika banyak diterapkan pada berbagai peralatan dan permesinan kapal seperti mesin pendingin, pemanas ruangan, pengatur suhu kamar mesin, compressor, crankshaft, dan berbagai peralatan lainnya.

Termodinamika adalah sebagian dari mata kuliah yang harus dipelajari, dimengerti dan dikuasai oleh taruna-taruni program studi Permesinan Kapal karena prinsip-prinsip dasar permesinan sangat dipegaruhi oleh konsep dasar termodinamika. Namun tidak menutup kemungkinan taruna program studi Nautika dan ETO juga wajib mengerti dikarenakan konsep dasar termodinamika memiliki banyak penerapan baik pada permesinan ataupun peralatan yang digunakan di atas kapal dan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam program studi Permesinan Kapal, mata kuliah Termodinamika terdiri dari kumpulan teori dan praktek yang membahas dan menjabarkan mengenai energi, perpindahan energi, dan perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk energi yang lain sehingga menghasilkan energi baru yang dapat digunakan pada permesinan. Proses pembelajaran teori di kelas dan pembelajaran praktek melalui laboratorium akan diajarkan oleh dosen pengampu yang telah berpengalaman serta mempunyai kompetensi di bidangnya.

Buku ini menguraikan, menjelaskan dan memaparkan secara sederhana tentang ilmu termodinamika dan penerapannya pada berbagai proses dan siklus dalam permesinan kapal agar taruna-taruni mudah mengerti serta memahami mata kuliah Termodinamika guna menambah pengetahuan dan sekaligus sebagai bekal ilmu untuk praktek cadet maupun bekerja sebagai marine engineer nanti.

Download PDF