Perkembangan Standar Pendidikan, Larispa Indonesia Lakukan Upgrading

6
Beritasumut.com-Sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan standar dunia pendidikan, Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia kembali melakukan upgrading, Senin (11/6/2018).
Ketua Larispa Indonesia M Rizal Hasibuan menyatakan, kegiatan yang dilakukan seharian penuh ini berfokus pada peningkatan kualitas SDM karyawan dan juga anggota komunitas Larispa pada bidang pendidikan.”Kita melakukan upagrade, sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan dunia pendidikan yang terjadi sekarang,” ungkapnya kepada wartawan.
Rizal memaparkan, kegiatan ini sendiri di isi oleh tiga narasumber, yakni, Dr Fitri Rahmadan MSi dengan materi implementasi standar baru pendidikan tinggi sesuai dengan Permenristekdikti 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Per-BAN-PT Nomor 4 dan 6 tahun 2017 tentang kebijakan penyusunan instrumen akreditasi dan tentang pedoman akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan satu program studi.
Kemudian materi kedua disampaikan oleh Rahmadani MKom tentang pemanfaatan softwere plagiarisme dalam peningkatan kualitas pembuatan akreditasi. Lalu pembicara terakhir Said Iskandar Al-Idrus MSC membahas tentang pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam mencapai standar Nasional Pendidikan (Akreditasi) Unggul.
Rizal mengaku, Larispa yang berkantor pusat di Medan ini telah memiliki 7 perwakilan baik di Jakarta, Padang dan Riau, Kepulauan Nias, Makassar, Balikpapan dan Jambi, yang memberi jasa penelitian, Pelatihan, Survei, Konsultan pendidikan dan kesehatan dan Riset Sektor Publik. “Sedangkan untuk sektor kesehatan dan riset sektor publik, saat ini kita tengah menjalakan konsultasi akreditasi pada RSUD Kotacane dan telah selesai melakukan riset sektor publik di 2 daerah di Aceh dan beberapa penelitian di Medan dan Aceh,” jelasnya.
Sementara itu, dalam paparannya Fitri Rahmadana menyatakan hasil kinerja Larispa yang sudah berdiri selama 15 tahun telah bedampak secara nasional (civil effect). Hal ini dapat dilihat dengan berhasilnya Larispa membantu konsultasi pendidikan tinggi berstandar nasional baik (Akreditasi B), di daerah Ambon, Makassar, Aceh, Balikpapan, Riau, kepulauan Nias, dan dampakknya telah di rasakan di seluruh wilayah Indonesia.
“Sampai tahun 2018 telah membantu 283 Program studi dan pada tahun 2018 sampai bulan juni Larispa telah mengkonsultasi 24 program
studi dan telah membantu 20 program studi berstandar nasional baik di STIKes Nurul Hasanah Aceh 3 prodi, STIKes Flora 3 Prodi, STT Pekanbaru 3 Prodi, STAI Assadiyah Sengkang 1 Prodi, IKIP GunungSitoli 6 Prodi, AKBID Menara Bunda Kolal 1 Prodi, AKBID Haga 1, Universitas Asahan 4 Prodi,” jelasnya.
Sebelumnya, kegiatan ini di buka oleh Drs Abdulah Ari sebagai Pembina Larispa diahiri dengan buka puasa bersama yang disampaikan oleh Ustad Drs H Kamarudin Nasution dari MUI Medan Selayang.(BS09)
sumber :¬†http://beritasumut.com/pendidikan/Perkembangan-Standar-Pendidikan–Larispa-Indonesia-Lakukan-Upgrading-