Mengintip Kesiapan Akper Bina Insani Sakti Dalam Proses Akreditasi Prodi DIII Keperawatan

WhatsApp Image 2018-10-04 at 12.01.07 PM

[larispa.or.id] Р(Rab, 03/10) Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ciri akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer), dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai komponen dimulai dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor.

Selanjutnya berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi dan berdasarkan isian tersebut dilakukan kunjungan lapangan (Assasment) oleh asesor sebagai tindakan validasi. Dengan kata lain Akreditasi sama dengan status dan proses. Status disini dalam konteks perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sedangkan Proses dalam konteks ini maksudnya adalah proses kegiatan akademik telah dilakukan memenuhi standar mutu dan kecenderungan melakukan perbaikan secara berkesinambungan melalui evaluasi diri.

Akademi Keperawatan (Akper) Bina Insani Sakti upayanya dalam menuju akreditasi prodi DIII Keperawatan melakukan Pelatihan Optimalisasi Siakad hari ini (03/10) dengan mengundang Larispa Indonesia sebagai tim pendamping. Adapun Pelatihan Optimalisasi Siakad yang dilakukan pada hari ini bertujuan agar Akper Bina Insani Sakti dapat mengikuti perkembangan dunia pendidikan tinggi berbasis teknologi.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu bentuk persiapan yang matang dari Akper Bina Insani Sakti dalam menuju Akreditasi Program Studi berstandar Nasional Baik di Kerinci.

WhatsApp Image 2018-10-04 at 12.01.06 PM