Persyaratan Beasiswa LPDP 2020 PTUD

logo-lpdp_ratio-16x9
Beasiswa LPDP 2020 akan dibuka dalam dua jenis, yakni Beasiswa Pendidik dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). Bagi calon peserta yang ingin mengambil beasiswa PTUD, maka harus memahami setiap persyaratan umum maupun khusus yang harus dipenuhi.

Mengutip website lpdp.kemenkeu.go.id, Selasa (6/10/2020), menyatakan bahwa beasiswa PTUD untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral. Program magister durasi studi paling lama 24 bulan, sedangkan doktoral durasi studinya paling lama 60 bulan.

Sebelum masuk ke persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa PTUD, maka harus memahami beberapa hal mengenai beasiswa PTUD. Pendaftar beasiswa PTUD hanya dapat memilih satu perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan Letter of Admission/Acceptance Unconditional yang diunggah pada aplikasi pendaftaran.

Pendaftar beasiswa PTUD belum memulai studi dan hanya diizinkan memulai studi pada tahun 2021.
Lalu, pendaftar BPI PTUD yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi di 2020, wajib menunda studi dan memulai studi pada tahun 2021, serta melampirkan surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional. Setelah mengetahui beberapa hal di atas, barulah bisa memahami semua persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa PTUD.

Persyaratan umum beasiswa PTUD Demi menyukseskan program beasiswa PTUD, calon penerima harus memenuhi beberapa persyaratan umum seperti di bawah ini:

1. Warga Negara Indonesia;
2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa Doktor; atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung Doktor dengan ketentuan sebagai berikut:
• Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
• Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
• Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.
3. Tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi degree atau non degree program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
4. Melampirkan surat rekomendasi sebagai berikut:
• Surat Rekomendasi dari akademisi dan dari atasan bagi yang sudah bekerja;
• Surat Rekomendasi dari 2 (dua) akademisi bagi yang belum bekerja;
5. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
• Kelas Eksekutif;
• Kelas Khusus;
• Kelas Karyawan;
• Kelas Jarak Jauh;
• Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
• Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;
• Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi; atau
• Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP
6. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online;
7. Menulis Personal Statement;
8. Menulis rencana studi untuk magister atau Proposal Penelitian untuk Doktor.
9. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi.

Syarat Khusus Beasiswa PTUD LPDP 2020

1. Wajib mengunggah dokumen LoA Unconditional Perguruan Tinggi tujuan pada aplikasi pendaftaran sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia yang ditentukan LPDP;

2. Pendaftar Beasiswa PTUD yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi tujuan dan program studi tujuan.

3. Bersedia menandatangani surat pernyataan sebagai berikut (format terlampir);

4. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: pendaftar jenjang pendidikan magister paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun; pendaftar jenjang pendidikan Doktor paling tinggi berusia 40 (empat puluh) tahun.

5. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:
• Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80; PTE Academic 58;
atau IELTS™ 6,5;
• Pendaftar program Doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94; PTE Academic 65;
atau IELTS™ 7,0;

6. Mengunggah surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia ke tahun 2021 bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi pada tahun 2020.