PENTINGNYA AKREDITASI PROGRAM STUDI

Belakangan ini mulai muncul trend atau ada kecenderungan para alumni dan mahasiswa suatu Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta mendatangi lagi lembaga almamaternya-bukan untuk sekedar melepas rasa kangen terhadap adik-adik kelasnya maupun sekedar bertemu dengan dosen-dosen waktu semasa kuliah dulu, namun untuk suatu kepentingan mendapatkan informasi tentang peringkat akreditasi almamaternya. Informasi ini sangat diperlukan karena beberapa perusahaan atau institusi yang menampung para lulusan perguruan tinggi saat ini telah menjadikan peringkat akreditasi sebagai salah satu indikator melihat kualitas pencari kerja yaitu dengan melihat kondisi riel almamaternya terlebih dahulu.
Dari kecenderungan fenoma tersebut diatas muncul pertanyaan sebegitu pentingkah nilai akreditasi tersebut bagi lulusan perguruan tinggi? Bukankah kompetensi menjadi pilihan utama bagi perusahaan atau institusi yang ingin memanfaatkan lulusan perguruan tinggi !

Apa Akreditasi Tersebut?


Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi
melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.Ciri akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer), dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi.. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai/ komponen dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor.

Selanjutnya berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi dan berdasarkan isian tersebut dilakukan kunjungan lapangan (site visit) oleh asesor sebagai tindakan validasi. Dengan kata lain Akreditasi sama dengan status dan proses. Status disni dalam konteks perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studiterakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sedangkan Proses dalam konteks ini maksudnya adalah proses kegiatan akademik telah dilakukan memenuhi standar mutu dan kecenderungan melakukan perbaikan secara berkesinambunganmelalui evaluasi diri.

 

Siapa yang melakukan Akreditasi?

 

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.

 

Tujuan dan manfaat akreditasi

 

1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang ditetapkan itu.

2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi

3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

 

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

 
Delicious

Layanan Online

LARISPA
LARISPA
LARISPA
DANI
RIZAL
MIDA
TUTY
INTA
LARISPA
LARISPAWEB
NIZA
LENNI
LARISPA
LARISPA
DINA

Live Chat

Turn off/on Sound Options Smileys History FAQ Kide Chat
5:26-- Guest_3589: slmt siang, mhon info utk batas akhr pengajuan berkas tenaga pengajar kpn y waktunya? trm ksh
9:26-- admin: 20 april 2014 lihat di «link»
6:21-- Guest_6438: min
6:22-- Guest_6438: akreditasi ub gimna kabarnya
10:28-- Guest_2240: slmt sore, maav mbak. kmren saya lihat infonya tanggal 29 maret untuk batas pengajuan berkas tenaga pengajar, berarti ada perpanjangan ya/ perubahan jadwal?!
7:10-- Guest_2308: salam kenal dari kami ejournal.stkipgetsempena.ac.id
4:25-- admin : salam kenal kembali ejornal.stkipgetsempena.ac.id
12:16-- Guest_1110: ada lowongan jadi peneliti gak min??, thx
10:19-- Guest_3192: :( :( :( :(
salam kenal larispa....
dari Paulus Subyanto, S.Th, M.Si
11:00-- Admin: Salam kenal kembali pak Paulus
7:56-- Guest_5755: selamat sore saya ingin bertanya ap benar Rs. Sari Mutiara lagi membuka lowongan?terimakasih sebelumnya
9:32-- Guest_9386: Hanya untuk s2 ya?
2:34-- Guest_5117: slamat pagi... saya mw nanya apa lowongan ni terbuka juga untuk S1?
5:28-- Guest_6334: selamat siang, saya ingin bertanya,lowongan tenaga pendidik untuk wilayah medan ditutup paling lama kapan ya pak? bisa s1?
14:49-- Guest_5695: selamat malam mau tanya gimana cara daftar melalui email
5:24-- Guest_1641: Siang,
5:24-- Guest_1641: Apakah sy lulus berkas sebagai calon dosen universitas efarina?

Name:
Message:


:) :( ;) :P :D :| :O :S O.O 8) :_( :-* (!) (?)

Client Kami

unefa


Sekapur Sirih

Pengunjung Kami

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini641
mod_vvisit_counterKemarin1464
mod_vvisit_counterMinggu ini8792
mod_vvisit_counterMinggu kemarin12173
mod_vvisit_counterBulan ini35436
mod_vvisit_counterBulan lalu41608
mod_vvisit_counterSeluruhnya614927

Online (20 minutes ago): 27
IP Anda: 54.82.122.194
,
Hari ini: 25 Apr 2014

Download Kalender Larispa 2014

Agenda Kami

loader

atro-amal-bhakti