Orang Tua dan Guru Diminta Bersinergi Ciptakan Pendidikan Ramah

1

Orang tua murid juga ikut diminta membantu program sekolah. Caranya, dengan mewujudkan pendidikan yang ramah bagi anak dengan guru di awal tahun ajaran baru.

Begitu dikatakan Ketua KPAI Asrorun Ni’am saat dikontak, Jumat (14/7).

“Tentu, harus ikut berperan dalam proses pendidikan anak melalui Komite Sekolah. Bangun komunikasi yang erat antara lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat,” sambungnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal itu. Misalnya, orang tua saling bertukar nomor telepon dengan guru atau wali murid agar bisa saling bertukar informasi.

“Orang tua yang memiliki anak usia sekolah harus menjamin dan memastikan anak-anaknya memperoleh hak pendidikan.”

Tak hanya itu, lanjut dia, orang tua juga harus memberikan bimbingan kepada anak untuk memilih sekolah yang baik dan sesuai bagi anak.

“Pastikan fasilitas penunjang bagi pemenuhan hak anak terpenuhi, yaitu hak untuk beribadah sesuai agama anak, hak bermain dan berolahraga, hak untuk kesehatan, jajanan sehat dan pola interaksi antarkomponen masyarakat.”

Tahun ajaran baru akan diterapkan pada tanggal 17-18 minggu depan. Bagi siswa baru diharapkan dapat penciptaan suasana ramah, aman, dan nyaman dimulai dengan serangkaian program Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Tata caranya tertuang dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 18/2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.