QUOI DE NEUF?

Penulis : Dr. Mahriyuni, M. Hum. Drs. Pengadilen Sembiring, M.Hum

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan selama penyelesaian dan revisi buku ini. Penulis juga menghaturkan ribuah terima kasih kepada para reviewer Dr. Evi Eviyanti, M. Pd., dan Dr. Zainuddin, M, M. Si yang telah begitu banyak memberi masukan dan saran yang konstruktif dalam penyempurnaan buku ini. Terima kasih juga penulis haturkan pada SP4 Unimed yang telah membantu penulis dalam pengembangan karir melalui hibah buku Ber-ISBN pada tahun ini.
Buku ini merupakan salah satu buku yang dirancang khusus untuk membantu pembelajar bahasa Prancis khususnya mahasiswa bahasa Prancis yang ingin berhasil melalui ujian DELF (Diplôme Etudes de la Langue Française) pada tingkat Pemula yang dikenal dengan istilah A1 (niveau débutant).
Materi yang disajikan benar- benar mengacu pada CECR (Cadres Européen Commun Référence) yang meliputi Salutation (sapaan), Présentation (perkenalan diri), Exprimer les Gouts (menyatakan kesukaan), Parler de la Famille (memperkenalkan anggota keluarga), Les activités quotidiennes (berbicara tentang aktifitas sehari-hari), Parler des vacances (liburan) dan Faire des achats (Berbelanja) yang ke tujuh materi ini merupakan materi yang selalu diujikan pada saat ujian DELF.
Pemberian judul Quoi de Neuf ? pada buku ini sebenarnya berasal dari pengertian bahwa buku ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang baru agar mahasiswa mampu melewati ujian DELF dengan nilai yang memuaskan di atas 80. Quoi de Neuf ? merupakan salah satu ungkapan yang kerap digunakan oleh orang Prancis untuk menyakan kabar apa sesuatu yang baru. Pemberian judul Quoi de Neuf ? pada buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang baru dan jelas tentang materi atau soal yang biasanya diujikan pada ujian DELF Niveau A1 tersebut.
Penulis menyadari bahwa buku ini mungkin belum sesempurnanya sempurna, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari siapa saja yang membaca buku ini.
Akhir kata, semoga buku ini dapat memberikan tambahan pengetahuan terutama bagi pembelajar bahasa Prancis tingkat pemula.