Manajemen Agribisnis Sustainable

Penulis : Zamhir Basem

Dengan memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat ALLAH SWT berkat limpahan rahmat dan karunianya baik zahir dan bathin kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku ini yang berjudul Manajemen Agribisnis Sustainable sehingga dapat menjadi sumber literatur inspirasi dan motivasi bagi Mahasiswa untuk memperdalam keilmuan dalam menumbuhkan dan menjalankan bisnis komoditi pertanian yang berorienatasi pasar secara berkelanjutan (sustainable) memiliki standar mutu dan kwalitas tertentu.
Patut seharusnya kita mensyukuri karunia Allah SWT atas kekayaan alam dan iklim yang di berikan kepada Indonesia sebagai Negara Agraris atau Negara pertanian yang dapat di manfaatkan untuk usaha dan budidaya bermacam jenis komoditi pertanian baik pada sub sektor tanaman pangan dan holtikultura, sub sektor perkebunan dan tanaman industri kehutanan, sub sektor peternakan dan pada sub sektor perikanan baik pada usaha penangkapan maupun budidaya perikanan darat.
Namun sampai saat ini kita Indonesia masih belum bisa swasembada terhadap kebutuhan pokok kita sendiri secara berkelanjutan yang seyogyanya kita harus bisa memproduksi komoditi-komoditi pertanian untuk tujuan eksport.
Pandangan posisi kita diharuskan berubah dari pertanian konsumtif kepada pertanian orientasi pasar, yang berarti usaha pertanian di rubah kepada usaha bisnis komoditi pertanian.
Dan pandangan diatas menjadikan penulis terpanggil untuk menulis buku tentang Manajemen Agribisnis Sustainable, walaupun belum sempurna dan masih ada keterbatasan-keterbatasan tapi sudah dapat menjadi pengantar, sumber dan literatur untuk bagi mahasiswa dan pelaku Agribisnis di Nusantara ini untuk menjadi pengusaha agribisnis yang tangguh dan memiliki prinsip menjual terlebih dahulu dan baru memproduksi.
Dalam kesempatan ini kami penulis mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dosen dan teman-teman sejawat seprofesi baik dulu maupun sekarang yang telah banyak membantu memberikan masukan dan saran terhadap penyediaan bahan materi diskusi dan dorongan moril sehingga dapat melahirkan buku ini dan terima kasih kepada penerbit.
Semoga pihak-pihak yang berkenaan dapat memahami dan memberikan masukan untuk perbaikan pada terbitan revisi berikutnya, Amin dan terimakasih.