Kemitraan Membangun Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

Editor : Zulkifli Simatupang

Segala Puji dan Syukur disampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan Rahmat dan Hidayah yang telah diberikanNya kepada pimpinan Badan Kependuduk¬an dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) khususnya perwakilan BKKBN provinsi Sumatera Utara beserta jajarannya dan pimpinan Universitas Negeri Medan (Unimed) beserta jajarannya, sehingga di tahun 2013 telah dilakukan kerjasama kemitraan dalam me¬laksanakan program Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (PK3) di BKKBN dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikoordinasi melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Unimed.
Berdasarkan pengalaman bermitra selama 1 (satu) tahun, Perwakilan BKKBN provinsi Sumatera Utara (khususnya Bidang Keluarga Sejahtera dan Pember¬dayaan Keluarga) dan Unimed (melalui koordinasi LPM Unimed) telah melakukan berbagai aktivitas yang terkait dengan Program PK3 secara bersama-sama, mengumpulkan sejumlah data dan informasi, serta melaku¬kan analisis kebutuhan pengembangan kemitraan di masa mendatang. Analisis tersebut telah menghasilkan model kemitraan dan pola kemitraan dalam penye¬lenggaraan program PK3 khususnya dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok UPPKS, serta telah ter¬dokumentasi profil dari sejumlah kelompok UPPKS dengan berbagai permasalahannya dan peran LPM Unimed dalam melakukan pembinaan dan pendampingan.
LPM Unimed dan Bidang KS/PK Perwakilan BKKBN provinsi Sumatera Utara memandang perlu menulis sebuah buku yang selanjutnya diberi judul: “Kemitraan Membangun Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga”. Buku ini disusun dalam 6 Bab dan masing-masing bab berisi informasi antara lain: Bab 1, Pendahuluan; Bab 2, Profil Lembaga Mitra: Kelayakan Universitas Negeri Medan sebagai Mitra Pembinaan Masyarakat; Bab 3, Model dan Implementasi Kemitraan; Bab 4, Pembinaan Kelompok UPPKS: melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dikoordinasi oleh LPM Unimed; Bab 5, Profil Kelompok UPPKS, dan Bab 6, Penutup.
Tim penyusun yakin, bahwa isi buku ini masih cukup jauh dari sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan isi buku ini. Praktik-praktik baik yang dituangkan di dalam buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang memanfaatkannya, terutama sivitas akademika di Perguruan Tinggi dan rekan-rekan staf di jajaran BKKBN.